SERANG,(PR).- Sejumlah pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang akan mendapatkan kendaraan dinas (randis) baru pada akhir tahun 2019. Hal itu dilakukan karena dari hasil pendataan saat ini sudah banyak kendaraan dinas yang rusak.

Kepala Bidang Aset Daerah Badan Pengelola Keuangan dan Arsip Daerah (BPKAD) Kabupaten Serang, Tatang Ruhiat mengatakan, pengadaan randis baru ini dilakukan karena kendaraan yang ada saat ini banyak yang sudah rusak.

Oleh karena itu, untuk memudahkan kegiatan OPD tersebut pada anggaran perubahan ini dilakukan pengadaan randis baru. “Yang dari Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) itu kan kena tsunami, yang lain juga karena kondisi kendaraannya sudah rusak‎, sedangkan untuk menjalankan mobilisasi kan perlu kendaran,” ujarnya, Kamis 19 September 2019.

Adapun jenisnya, kata dia, untuk eselon II randis baru jenis Inova dan untuk eselon III yaitu kendaraan yang memiliki kapasitas 1.500 Cc.‎ Pengadaan randis baru untuk eselon II tersebut diperuntukkan bagi inspektorat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Dinas Sosial (Dinsos). “Kemudian eselon III antara lain untuk Sekretaris Bapenda, Perizinan (DPMPTSP), Setda dan Sekretaris Inspektorat. Itu tahun ini,” tuturnya‎.

Namun demikan anggaran yang dialokasikan untuk pengadaan randis baru tersebut besarannya belum ditetapkan, masih kondisional.‎ Saat disinggung mengenai pengadaan randis baru pimpinan DPRD, ia juga mengaku belum menganggarkan. “‎Tinggal nunggu DPA (Dokumen Pelaksanaan Aanggaran) aja yah. Kalau untuk yang dewan belum ( ada pengadaan randis), kemungkinan tahun depan,” katanya.

Sementara, sebelumnya Sekretaris DPRD Kabupaten Serang Odi Budiono mengatakan, untuk kendaraan pimpinan dewan sementara masih akan menggunakan yang lama. Untuk kendaraan baru pimpinan pihaknya sudah mengusulkan ke BPKAD agar dianggarkan di perubahan.

Namun kemudian berdasarkan informasi yang berkembang baru akan realisasi tahun 2020. Kendaraan tersebut baru akan diberikan kepada pimpinan definitif. “Kendaraan setelah ada pimpinan definitf baru kita berikan, kalau hak keuangan dan administrasi ada didefinitif kecuali pinjam. Kalau usulan dari kita kemarin untuk perubahan tapi kelihatannya KUAPPS masuk 2020. Spesifikasinya untuk ketua 2.500 Cc dan wakil 2.200 Cc,” ujarnya. kepada wartawan Kabar Banten Dindin Hasanudin.***

Sumber:  https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/2019/09/19/pejabat-eselon-ii-dan-iii-akan-dapat-kendaraan-dinas-baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *